(Cirebon, 19 Januari  2022)

Pertemuan yang digelar di Hotel Grand dian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan program suplementasi tablet tambah darah bagi remaja putri dan ibu hamil tingkat Kota Cirebon serta mengetahui kemampuan  pencatatan dan pelaporan program suplementasi tablet tambah darah bagi remaja putri di Kota Cirebon. Peserta kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari : 

  1. 22 orang dari  Puskesmas Kota Cirebon

  2. 25  orang Dinas Pendidikan Kota Cirebon

  3. 1 orang Kementrian Agama  

  4. Organisasi Nutrition International

Organisasi Nutrition International sebagai Narasumber dalam Kegiatan Pertemuan Konvergensi Upaya Penurunan Stunting Melalui Pemberian Tablet Tambah Darah  Pada Remaja Putri dan Ibu Hamil Tingkat Kota. 

Menurut Hasil Penelitian Organisasi Nutrition International Pemberian Suplemental Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri dan ibu hamil salah satunya bertujuan untuk mencegah Bayi Baru Lahir dengan Berat Badan Rendah (BBLR) yang dapat menjadi Stunting . Balita Stunting di Kota Cirebon meningkat 11,3% menjadi 13,9%pada tahun 2021. Ibu Hamil Anemia, KEK dan BBLR juga meningkat. Diperlukan sinergi dan konvergensi kegiatan suplementasi TTD Rematri antara Disdik, Kemenag, KCD, UKS, Dinkes, Puskesmas dan sekolah sehingga pelaksanaan Distribusi dan pemantauan rematri minum TTD akan lebih baik  dan lancar sehingga dapat mencegah ibu hamil anemia yang dapat mengakibatkan BBLR dan Stunting. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.